Iseng-Iseng Dengan Ketelitian

Dalam beberapa keadaaan banyak hal yang sering diacuhkan seolah tidak pernah ada, padahal peranan hal tersebut terkadang menjadi salah satu kunci keberhasilan. Misalnya dalam setiap soal ujian biasanya selalu diikuti dengan pejunjuk pengerjaan soal. ” Kejakan 3 soal dari 5 soala yang tersedia” atau ” Pilih satu jawaban yang anda rasa paling benar”. Atau misalnya budaya budaya seperti tidak merokok di lingkungn tempat ibadah, tidak membunyikan klakson mobil disekitar sekolah, rumah ibadah dan rumah sakit. Peraturan RT yang berbunyi : 1 x 24 jam tamu wajib lapor. Dan berbagai hal hal yang dianggap kecil dan tidak berharga lainnya padahal hal tersebut berguna untuk kita dan orang orang disekitar kita.

Beberapa waktu yang lalu penulis sempat memperhatikan proses pendaftaran disuatu tempat. Pada proses pendaftaran ini para peserta diwajibkan mengisi data diri pada sebuah form dikomputer. Form ini dibuat berbasis exel (salah satu program office keluaran microsoft windows). terdapat dua buah halaman dalam satu file dimana halaman pertama ditujukan untuk para peserta dengan kriteria A dan halaman kedua diperuntukkan untuk para peserta dengan kriteria B. Diatas tabel terdapat tulisan besar berwarna merah dengan latar belakang hitam yang mencolok berbunyi : masukkan data pada sheet sesuai dengan kriteria masing masing…!!!!!” tulisan ini sengaja dibuat tetap terlihat walaupun kolom yang lain bergerak kebawah, artinya walaupun peserta adalah nomor 1000 sekalipun dia kan tetap bisa membaca tulisan tersebut.

Setelah beberapa hari proses pendaftaran banyak ditemukan peserta dengan kriteria A mengisi datanya di halaman yang diperuntukkan kriteria B dan peserta dengan kriteria B mengisi pada halaman yang diperuntukkan bagi kriteria A. Kemudian muncullah niat iseng penulis untuk membuat halaman baru yang persis sama dengan dua halaman sebelumnya hanya saja ditambah dengan tulisan ” INI ADALAH HALAMAN PANITIA” tepat dibawah tulisan ” masukkan data pada sheet sesuai dengan kriteriamasing masing…!!!!”. dan sengaja penulis masukkan beberapa nama panitia dan kriteria masing masing yang tentu saja bukanl;ah kriteria A maupun B. Penulis kemudian sengaja membuka halaman tersebut dan menunggu sampai ada peserta yang datang.

dalam waktu beberapa saat  kemudian datanglah para peserta yang ingin mendaftar dan tanpa basa basi kemudian dia langsung menuliskan namanya pada halaman tersebut (halaman untuk panitia) kemudian pergi. Kontan saja para panitia yang sejak tadi menunggu langsung tertawa terbahak-bahak karena jebakan kami berhasil pada percobaan pertama. kejadian ini berulang disetiap orang yang datang. Ada beberapa orang yang akhirnya sada mereka menulis di tempat yang salah, itupun setelah diberi tahu oleh salah seorang rekan yang sudah tidak kuat lagi dengan kejailan penulis.

Penulis sadar banyak kejadian dalam kehidupan sehari-hari penulis yang juga tidak lepas dari melupakan ketelitian. Misalnya beberpa kali penulis menjatuhkan HP dan dompet. Untungnya dompet san HP itu diamankan (sambil sengaja disembunyikan) oleh teman penulis dan baru dikembalikan saat penulis mulai panik kehilangan barang barang itu.

10 pemikiran pada “Iseng-Iseng Dengan Ketelitian

  1. Pengalaman yg sama waktu menyebarkan formulir isian via e-mail. Walaupun sudah disertakan juknis pengisian, teuteup aja banyak yg salah ngisi. Kayanya rata-rata berprinsip membaca juknis ga penting, yang penting isi dulu, kalau ada yg kurang pasti diminta lagi… sabar… sabar… :p

  2. Ah…dasar mrendut….
    Tega-teganya dikau mengerjai para praktikan!!
    Dasar…!!!

    Tp lucu jg c…hahahahaha..

    Mereka yg dodol jg c…

  3. hahaha… iseng sekali…
    wah,,wah,, bahaya tuh dompet n HP mpe ketinggalan…
    cz temen gw pernah dompetnya ketinggalan d rmh n ru sadar pas d angkot…
    akhirnya dy d turunin d tengah jalan.. mu plang lg jauh… mu k kampus jauh… untung j ad tmnnya yg lewat… cba klo g… kebayang gw…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s