Batik : Warisan Luhur Budaya Bangsa

Kain Batik adalah salah satu wujud seni budaya bangsa indonesia yang ininterpretasikan kedalam goresan goresan mempesona di atas selembar kain. Batik sendiri berasal dari Bahasa Jawa yaitu amba yang berarti menulis dan titik. Membatik sendiri adalah salah satu kegiatan yan pada awalnya adalah kegiatan para wanita dan menjadi salah satu kegiatan ekslusif kaum wanita sampai ditemuklannya teknik batik cap yang memungkinkan para pria ikut campur dalam urusan membatik. Walaupun demikian ada beberapa fenomena menarik misalnya pada batik pesisir dimana ditemukan adanya corak-corak maskulin, dalam kasus ini membatik adalah salah satu pekerjaan kaum lelaki.

teknik mebatik diperkirakan telah ditemukan ribuan tahun silam. Teknik ini diduga berasal dari Sumeria yang dibawa oleh para pedagang India ke tanah Jawa. Di Jawa inilah teknik membatik kemudian berkembang pesat dan menjdi salah satu teknik yang menghasilkan sebuah karya seni terbaik sampai saat ini. Dewasa ini batik dapat ditemukan diberbagai tempat tidak hanya di jawa namun juga di beberapa daerah di Indonesia bahkan sampai ke Malaysia, Tahiland, Srilangka India dan Iran.

Awal mulanya batik adalah sebuah tradisi yang diwariskan secara turun menurun, akibatnya beberapa motif batik dapat dibedakan dari keluarga mana yang membuat batik tersebut. Batikpun menjadi pakaian kehormatan dikalangan ningrat. Sampai saat ini ada beberapa motif yang hanya dipakai di kalangan keraton seperti Keraton Yogyakarta dan Surakarta

Proses pembuatan batik dimulai dengan memberikan motif batik diatas kain. Proses ini menggunakan alat khas yang disebut canting. Pemberian motif dilakukan dengan mentutupi kain dengan cairan lilin. Kain yang telah diberi lilin kemudian dicelup kedalam pewarna, biasanya dimulai dengan pemberian warna warna muda, kemudian baru diteruskan dengan warna-warna yang lebih gelap. Setelah beberapakali pencelupan batik kemudian dicelupkan kedalam larutan kimia khusus untuk menghilangkan lapisan lilin.

Batik Pertama kali dipromosikan kedunia oleh Presiden Soeharto saat beliau menghadiri konferensi PBB dengan menggunakan batik. Saat ini batik menjadi warisan budaya Indonesia. Untuk itu beberapa instansi mencanagkan program penggalakan batik. Salah satunya Institut Teknologi Telkom yang menghimbau seluruh civitas akademikanya mengenakan batik pada hari Jumat dan Sabtu.

Maju terus budaya Indonesia, Buktikan Pada udnia bahwa kita bisa !

disadur dari  :http://id.wikipedia.org/wiki/Batik

2 pemikiran pada “Batik : Warisan Luhur Budaya Bangsa

  1. Betul sekali saya sudah memakainya, walau pada kesempatan pertama masih segelintir saja yang memakai batik dan tampak aneh di sekitar rekan-rekan yang lain. Tapi perjuangan memang berat kan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s